Senin, 22 Oktober 2012

matic pake velg 17, keren sih, tapi... baca dulu ini

banyak pecinta modifikasi yg mengubah ukuran diameter roda standar matic nya dari 14 inci ke 17 inci, terutama yg senang dengan modifikasi thailand look, alasan nya selain keren juga bikin beda dari yg lain.
efek paling terasa adalah tarikan awal pasti lebih berat, tapi ini berbanding terbalik dengan putaran atas nya (lebih enteng dari standar pabrik nya lho).

kalau mau lebih enteng tarikan pertama nya disarankan untuk mengganti Per CVT dengan yg lebih keras dan mengganti roller dengan ukuran yg lebih ringan 

Kenapa? Karena paling besar ban yang bisa masuk hanya ukuran 80/80-17. Itu pun khusus skutik Honda dan Suzuki. Kalau Yamaha mentok 70/90-17.

Efeknya jelas tapak ban sangat sempit, kalau rebah minim grip, jadi mesti lebih pelan di tikungan. Apalagi jika ditambah aspal basah atau berpasir.

Efek lain setelah ganti ukuran pelek adalah ngaco-nya spidometer. Ngaco bukan dalam artian jarum jadi naik-turun. Namun pembacaan jadi lebih pelan. Kalau masih pakai pelek 14 inci tertera 60 km/jam, kalau sudah ganti 17 inci bisa hanya sekitar 40 km/jam.

Kenapa begitu? Dikarena­kan untuk menempuh jarak yang sama, dengan diameter lebih besar butuh putaran roda lebih sedikit. Makanya spido jadi lebih pelan. So hati-hati ya, jangan tertipu.

Oh ya, satu lagi efek yang jangan dilupakan adalah konsumsi bahan bakar. Dijamin motor lebih rakus minum bensin, karena beban mesin memutar roda lebih berat.

keep safety gan :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar