Kamis, 11 Oktober 2012

Stop lamp LED hand made

hallo semua semoga pembaca semua nya berada dalam lindungan nya. Beberapa waktu lalu untuk memperjelas pandangan pada saat berkendara pada malam hari saya memasang HID di kuda besi saya. Seiring berjalan nya waktu hati saya Was-was karna ngeri tekor akibat pemasangan HID ini. Karena malas ingin menambah daya dan gulung Sepul maka timbul ide untuk membuat Stop lamp LED yg watt nya lebih kecil dari pada bohlam rem bawaan mio.
Untuk Jalur Rem & negatif (-) bisa diambilkan dari kabel stop Lamp standarnya, dan untuk jalur stand by "(lampu senja) saya mengambil dari saklar rem belakang, yang posisinya ada di handle sebelah kiri.  Saya menggunakan  2 buah resistor untuk di jalur standby, karena awalnya perhitungan saya cukup 1 buah resistor 330 Ohm saja, ternyata nyalanya terang sekali :oops: , jadi saya tambahkan 1 resistor lagi, dengan tujuan tidak overload voltasenya supaya lifetime lebih lama.dan 1 resistor 330 ohm dijalur rem, oh iya. LED nya ada 30 bidji di gambar,  Komponen yang saya Gunakan Cukup murah meriah, yaitu :
1. Lampu Led 30 buah @ Rp. 500,-
2. Resistor 330 Ohm 2 buah @ Rp. 100 ,-
2. PCB Matrix 1 Buah @ Rp. 2000,-
3. Kabel 3 Warna 1 meter @ Rp. 2000,-
4. Tenol secukupnya meter 
5. Solder
silakan dicoba gan :D

2 komentar:

  1. sepertinya rangkaian di atas ada yang salah bro

    BalasHapus
  2. apa nga salah tu 6 led diparallel dengan 1 resistor ... nga kebakar tah mas resistornya

    BalasHapus